KJW Pemalang : Jadikan Menulis Sbgai Hobby

Sikasur-(suarawargabelik.com).Sabtu (25/11/17), Perhimpunan  Pengembangan Media Nusantara  (PPMN),kembali mengadakan Mentoring Regular,yang bertujuan untuk memberikan arahan tambahan dan motifasi,kepada para Jurnalis Warga  (JW),dari tiga desa binaan yakni Desa Sikasur,Desa Kuta dan Desa Bulakan,yang berada di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Jawa Tengah.

Kegiatan dimentori langsung oleh koordinator Jurnalis Warga (KJW),Lukmanul Hakim.selain memberikan pidato dan arahan, ia juga menceritakan didepan JW tentang pengalamannya menulis, yang dirasa sudah seperti hobi baginya.

Dulu waktu  belum ada HP canggih,saya sudah mulai menulis.Bahkan saya bela-belain ke Warnet,karena menulis sudah seperti hobi nagi saya.Dibandingkan orang-orang diluar sana,yang memilki hobi seperti piara burung,koleksi batu akik dan lain sebagainya,itu butuh biaya jauh lebih mahal,"jelasnya.

Menurut Lukman,ia tidak pernah mengharapkan berapa hasil pendapatan uang yang diperoleh,dari tulis-tulisanya.Namun,yang ia harapkan yakni,ketika tulisanya dimuat website maupun koran,disana akan ada pembaca yang tergugah atau tersentuh hatinya,untuk berbagi,membantu,menolong sesama,ketika tulisanya itu, menggambarkan sebuah kisah orang-orang yang hidupnya masih kurang beruntung.

Sebetulnya menulis itu hal yang mudah,Tapi untuk bisa masuk dalam prosedur pemberitaan itu yang sulit,sehingga para JW terkadang masih bingung dalam menyusun kalimat-kalimat,agar menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Nurfatikhah  (35),seorang JW yang berasal dari Sikasur pun menanyakan," iya,saya ingin tahu lebih banyak, bagaimana sebaiknya kita menggunakan kalimat diawal Alinia agar bacaan lebih menarik untuk dibaca seterusnya,"ungkapnya dalam kegiatan Mentoring Regular.

Di era yang serba modern ini, pesatnya dunia internet, membuat orang-orang terkadang sering,tertegun didepan layar komputer maupun posel,meskipun terkadang hanya untuk sekedar membaca maupun menonton.

Tulisan yang kita kira biasa saja,siapa sangka bisa merubah satu keadaan,dimana orang yang tidak perduli karena tidak tahu menjadi perduli setelah tahu, ataupun orang-orang yang pola hidupnya sembarangan, akan lebih tertib dan berhati-hati setelah membaca adanya sebab akibat,dari sebuah prilaku.

Setelah maraknya ponsel-ponsel canggih,setiap hari ada saja ratusan,bahkan mungkin ribuan orang dimuka bumi ini,mengetik,memuat kemudian dibaca oleh orang lain sesama penggunan sosial media.Menulis,sepintas seperti aktivitas sepele.Namun,siapa sangka,apabila tulisan kita,terpublikasikan apalagi masuk dalam kategori pemberitaan yang sesuai dengan prosedur jurnaliatik.Dimuat,lalu dilihat,dan di share,kemudian dibaca oleh banyak orang,maka apa yang kita suarakan dalam tulisan bisa saja memberi dampak perubahan yang luar biasa pada pola pikir pembaca. (D7).

Related Posts:

0 Response to "KJW Pemalang : Jadikan Menulis Sbgai Hobby"

Post a Comment