Duta GenRe Brebes Dilantik untuk Persiapkan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja


BREBES - Duta Generasi Berencana ( Genre ) merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Demikian disampaikan anggota DPR RI Komisi IX Dapil Jawa Tengah IX Hj. Nur Nadlifah, S.Ag, M.M pada kegiatan sosialisasi pencegahan stunting dari hulu dalam rangka penguatan peran serta mitra kerja dan stakeholder dalam implementasi kegiatan prioritas pembangunan keluarga sekaligus pelantikan duta GenRe Kabupaten Brebes di Gedung SMA Negeri 1 Brebes, Minggu (10/09/2023 ).

Hadir pada kegiatan tersebut penata KKB Ahli Madya Cikik Sikmiyati, Sekretaris Pokja MUKP dan pembinaan GenRe Sri Winarti, S.Pd, MAPS, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes Drs. Akhmad Ma'mun, M.Si. 

Kegiatan yang diikuti oleh  Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nadhlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nadhlatul Ulama (PC IPNU IPPNU) Kabupaten Brebes, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Brebes dan duta GenRe Kabupaten Brebes.

Menurut Nur Nadlifah, Duta generasi berencana (Genre) menjadi garda terdepan untuk memberikan sosialisasi bahwa keluarga adalah segala-galanya. Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

" Selain itu, Program GenRe mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa," katanya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Pokja MUKP dan pembinaan GenRe Sri Winarti, S.Pd, MAPS, keberadaan duta Genre sekaligus menekan maraknya permasalahan remaja. Hal yang paling menonjol adalah permasalahan seputar seksualitas. 

" Persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja, sehingga peran duta Genre perlu terus digiatkan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DP3KB Kabupaten Brebes Drs. Akhmad Ma'mun, M.Si berharap dengan dilantiknya Duta GenRe Kabupaten Brebes mampu memotivasi generasi milenial dalam pendidikan remaja dan aktif melakukan kegiatan positif.

" Semoga duta GenRe dapat mengimplementasikan makna dari generasi berencana kepada masyarakat. Terutama generasi muda yang harus bahu membahu guna menjadi remaja tangguh, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat," pungkasnya.




Related Posts:

0 Response to "Duta GenRe Brebes Dilantik untuk Persiapkan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja"

Post a Comment