Setiap Jurnalis Harus Handal

Kuta,(suarawargabelik.Com) - Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) mengadakan workshop Jurnalis Warga 2 Yang di hadiri 13 Jurnalis warga yakni dari Desa Kuta, Sikasur dan Bulakan.Kegiatan dilaksanakan di Aula pertemuan hotel Jambe Kembar,Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.Sabtu(11/11).

     Koordinator Jurnalis Warga Pemalang Lukmanul Hakim mengatakan, setiap warga adalah pewarta. Tujuan diadakannya workshop ialah agar menjadi seorang Jurnalistik yang handal Dan lebih memiliki keahlian lagi dalam menjadi Jurnalis Warga (JW).

" Tidak harus berpendidikan tinggi, karena Jurnalis Warga (JW) adalah Pewarta, sehingga siapapun boleh menjadi Jurnalis Warga (JW). Harapannya adalah Adanya Campions,Ketika Program Ini selesai,Harus Ada tindak lanjut dalam menulis sebuah berita  Dan harus tetap berjalan Tanpa adanya Saya,Bukan berarti setelah program ini selesai,menulis/Membuat beritapun Berhenti/selesai.Paparnya.

    Ismail fuadi(33),Sebagai Nara sumber Jurnalis Warga(JW) pada kegiatan hari ini Menjelaskan,Jurnalis Warga adalah Berita/Reportase.
Proses Jurnalis Adalah mengumpulkan data/Meliput,Mengolah data kemudian Menyampaikan ke masyarakat luas.

Di sebut wartawan Bodrex/Resah,karena tidak pernah Meliput,tidak pernah membuat sebuah berita,Hanya saja bermodalkan kartu Pers,Berpenampilan Rapi,tetapi bisanya hanya memeras/meminta uang saja.

Jika seorang wartawan sudah mengikuti Ujian Kopetensi Wartawan (UKW),Maka bisa di katakan wartawan yang propesional Atau wartawan yang benar-benar bekerja untuk Pers.

Yang Menjadi Rumus sebuah berita adalah adanya data dan fakta ( benar-benar nyata),dan terkandung di dalamnya unsur-unsur 5W+1H.
Pungkasnya.

     Sebagai tamu undangan, redaktur Satelit Post Agus (31) mengatakan, sebelum meliput atau membuat sebuah berita, harus konfirmasi langsung dengan orangnya dan menghindari yang berbau skandal agar aman sebagai jurnalis warga (JW) dalam meliput sebuah berita.

" Teruslah berkarya dengan tulisan,karena  menulis akan meningkatkan tulisan kita semakin maju dan lebih baik lagi," pungkasnya .
    
        (H.N)

Related Posts:

0 Response to "Setiap Jurnalis Harus Handal"

Post a Comment