JW Belik Dilatih Dasar-dasar Jurnalistik

Belik (Suarawargabelik.com) Citizen Journalism adalah aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh warga biasa (yang bukan wartawan). Citizen Journalism dikenal dengan Jurnalisme Warga (JW) yang mempunyai peran aktif dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analis serta penyampaian informasi dan berita.
Workshop Jurnalis Warga ke-2 kembali dilaksanakan selama 2 hari (11-12 November) di Objek Wisata Jambe Kembar kecamatan Belik, Pemalang.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh  Jurnalis Warga (JW) 3 desa binaan yang ada di kabupaten Pemalang Kecamatan Belik yaitu Sikasur, Kuta, dan Bulakan. Narasumber dari Pimpinan Redaksi (Pimred) Jurnalis Warga Bahrul Ulum, redaktur Radar Tegal Ismail Fuadi dan dari satelit purwometro Agus Setianto.

Luqman Hakim mengatakan kegiatan tersebut adalah kelanjutan dari workshop 1 dan pelatihan reguler. Guna para kader JW desa binaan Kabupaten Pemalang, lebih handal dalam pengumpulan, pelaporan dan penyampaian informasi. ujarnya.

Dasar-dasar jurnalistik, dijelaskan oleh Ismail Fuadi. Pada jenis penyajian berita terdiri dari 4 jenis yakni Straight news, soft news, features dan investigative news. Dimana ke 4 jenis tersebut, masing-masing mempunyai makna dan sasaran berita yang akan diliput. Adapun anatomi berita yaitu Judul (Headline), Baris tanggal (Dateline), Teras Berita (Lead), dan tubuh berita (Body).

"Meliput berita harus sesuai jenisnya, ketika meliput berita harus lengkap anatominya", imbuhnya.

Agus Setianto memaparkan "untuk anggota JW lebih berhati-hati dalam meliput berita. JW itu sendiri belum mempunyai UU yang resmi, seperti halnya media pada umumnya.
Pilihlah berita yang aman dan ringan-ringan saja, misalnya berita tentang prestasi anak dan anak yang difabel", paparnya.

Dalam sesi tanya jawab, Dayunah mengajukan pertanyaan mengenai bagaimana jika meliput berita tentang anak yang kurang beruntung tetapi sanak saudaranya cuek.

Usai kegiatan workshop Jurnalis Warga, Narasumber melakukan simulasi kepada seluruh peserta, sehingga peserta mampu mengemas berita atau mewartawakan informasi yang dapat dibaca atau didengar oleh khalayak luas.(FTM)

Related Posts:

0 Response to "JW Belik Dilatih Dasar-dasar Jurnalistik"

Post a Comment