2 JW Ikuti Pelatihan Penyusunan APBDesa

Banjarnegara (suarawargabelik.com)Sekitar 40 orang mengikuti pelatihan penyusunan APB desa 2018.Yang diikuti oleh 8 desa dan 3 kecamatan sasaran program yang di selenggarakan oleh forum masyarakat sipil(FORMASI) dan KOMPAK selama 3 hari mulai dari tgl 7-9 nov 2017 di Hotel Surya Yuda jln Rejasa Banjar Negara Jawa Tengah.

Acara dibuka pukul 20.00 wib oleh Yusuf Murtiono selaku Dewan Presidium Formasi sekaligus sebagai Narasumber.sebagai materi pembuka di jelaskan tentang Dana Desa (DD),"Dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diperuntukkan bagi desa yang di transfer melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan.

Tiga indikator efektivitas penggunaan dana desa yaitu,untuk meningkatkan ekonomi desa,meningkatkan partisipasi masyarakat desa dan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas warga desa.

Dan pada hari kedua di jelaskan tentang kedudukan keungan desa dan pengertian tentang APB desa yaitu rencana keuangan tahunan pemerintah desa.APB desa meliputi pendapatan,belanja dan pembiayaan desa.

Pada sesi diskusi para pesrta berlatih mengusun APB desa ,dan memaparkan hasil diskusi yang di pandu oleh Fuad Habib selaku direktur operasional dari Formasi.

Menurut Seger salah satu peserta dari brebes mengatakan,pelatihan ini sangat bermanfaat sekali sebagai sarana belajar untuk menuju pemerintah desa yang lebih baik sesuai dengan regulasi.jadi tidak ada penyimpangan penggunaan dana desa ,"tuturnya".

Related Posts:

0 Response to "2 JW Ikuti Pelatihan Penyusunan APBDesa"

Post a Comment