Tumbuhkan Kesadaran Penyebab Penyakit Tidak Menular melalui Posbindu

DETEKSI DINI PENYAKIT TIDAK MENULAR

Sikasur (suarawargabelik.com) demi menanggulangi Penyakit Tidak Menular (PTM) yang sering kita jumpai dewasa ini,pemerintah desa Sikasur kecamatan Belik Kabupaten Pemalang (26/10) menyelenggarakan program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) yang sudah berlangsung kurang lebih tiga tahun yang lalu.

Program POSBINDU PTM ini bertujuan untuk mendeteksi dini penyakit-penyakit yang tidak menular seperti,Diabetes Melitus (DM),Asam Urat,Kolesterol dan darah tinggi.penyakit tersebut sering diderita pada usia 30 tahun keatas.Penyakit tersebut jarang sekali disadari penyebabnya oleh masyarakat,tutur Machilah Amd.Keb selaku bidan yang menangani.

Memang dalam pemeriksaan ini banyak sekali yang mengeluh karena andaikata ditemukan salah satu penyakit tersebut dari pihak penyelenggara tidak dapat memberikan obat,dikarenakan tidak adanya distribusi obat dari pemerintah,imbuhnya.

Dalam kegiatan ini juga diadakan senam lansia yang bertujuan untuk merefleksikan urat syaraf agar dapat mencegah/menanggulangi gejala penyakit stroke,jantung,hipertensi,diabetes,Kolesterol dan berbagai penyakit lain,pungkasnya.

Seorang pengunjung POSBINDU sebut saja namanya Tupinah (52) menuturkan bahwa,"acara ini bagus karena dari pihak pemerintah desa membuka layanan deteksi penyakit tidak menular sejak dini,akan tetapi sayangnya dari pihak penyelenggara tidak menyediakan obat hanya diberikan surat rujukan apabila terdeteksi salah satu penyakit diatas".

Kusnaeni (42) seorang kader POSBINDU menjelaskan bahwa,"program ini langsung dari pemerintah pusat dan alatnya pun disubsidi dari sana jadi pemerintah desa Sikasur ini tinggal menjalankannya,tapi apabila alatnya (steak,jarum) habis maka pembeliannya menggunakan uang hasil pemeriksaan yang mana deteksi penyakit dipungut biaya masing-masing,untuk kolesterol sebesar 20ribu,Asam urat 15ribu,untuk gula darah 10ribu dan untuk tensi gratis.Seringkali dana kurang dalam pembelian steak dan jarum maka akan diambilkan dari dana PKK.

Harapannya,semoga akan makin banyak warga yang berminat untuk datang dalam acara ini,agar supaya warga dapat tahu sedini mungkin penyakit yang dideritanya.Karena untuk yang sudah-sudah jarang sekali warga yang berminat datang ke POSBINDU.(NF JW Sikasur)

Related Posts:

0 Response to "Tumbuhkan Kesadaran Penyebab Penyakit Tidak Menular melalui Posbindu"

Post a Comment