Perempuan Harus Berpartisipasi dalam Kegiatan Desa

Sikasur (suarawargabelik.com)- Sebanyak 41 ibu-ibu anggota selapanan dari Desa Kuta dan Desa Sikasur hadir dalam acara Selapanan yang bertempat di Rumah Makan Zigan Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (18/10).

Dalam kesempatan tersebut, Sri Wahyunikmah (51th) selaku kasi Pembina Teknis Pemerintahan Desa (PTPD) Kecamatan Belik mengatakan, ibu-ibu bisa ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan desa seperti Musyawarah Desa (Musdes).

" Karena perempuan juga memiliki potensi dalam membangun desa yang lebih maju," tambahnya.

Selanjutnya, Ambar Anggoro dari Tim Formasi mengatakan, kegiatan selapanan ini banyak sekali manfaatnya. Salah satunya yaitu ibu-ibu yang tadinya tidak tahu menahu tentang kegiatan desa, sekarang bisa ikut terlibat di dalamnya seperti kegiatan pembuatan RKPDes, menjadi panitia perekrutan perangkat desa, dan lainnya.

"Dalam waktu dekat ini, ibu-ibu kelompok selapanan juga akan dilibatkan dalam sosialisasi pembuatan akte kelahiran," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Isa Agus Amsori (45th) dari Lembaga Pengkajian Pengembangan Sumber Daya Pembangunan (LPPSP), untuk memfasilitasi warga yang belum memiliki akte kelahiran, Tim LPPSP akan  mengadakan program pembuatan adminduk jemput bola.

"Diharapkan ibu-ibu bisa ikut berpartisipasi dalam mensosialisasikan kepada tetangga, kerabat, maupun teman lainnya yang belum memiliki akte kelahiran untuk bisa hadir guna mensukseskan program tersebut," tambahnya.

Kemudian Lukmanul Hakim selaku Kordinator Jurnalis Warga (KJW) Kabupaten Pemalang menambahkan, selain terlibat di dalam kegiatan desa, beberapa ibu-ibu kelompok selapanan juga dilibatkan dalam kegiatan Jurnalis Warga.

" Fungsinya untuk melatih ibu-ibu menulis, serta untuk menginformasikan setiap kegiatan yang ada di Desa, terutama informasi yang sifatnya produktif dan membangun," pungkasnya (Neni/LH)

Related Posts:

0 Response to "Perempuan Harus Berpartisipasi dalam Kegiatan Desa"

Post a Comment