Pemuda Desa Bulakan Sebar 5.000 Bibit Ikan Di Seluruh Sungai Desa Bulakan

Bulakan, 26/10/2017 Dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda ke-89, Pemuda Desa Bulakan bersama dengan Komunitas Mancing Mania Desa Bulakan, Mengadakan kegiatan Pelestarian Ekosistem Sungai di Desa Bulakan. Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah  penebaran bibit ikan habitat air tawar deras. Bibit ikan yang di sebar adalah ikan nilam/melem, ikan nila dan ikan ragalan/tambra. Menurut koordinator kegiatan Sigit Pujiono (36th) Kegiatan ini adalah tumbuh dari kesadaran pemuda dan komunitas mancing untuk menjaga ekosistem sungai terutama ekosistem sungai di Desa Bulakan yang merupakan daerah hulu sungai.
“Kegiatan pelestarian ekosistem sungai kali ini adalah penebaran bibit ikan diseluruh sungai di Desa Bulakan, untuk tahap ini adalah 5.000 bibit ikan yang disebar di sungai dan rencananya untuk minggu pertama bulan November akan menebar 10.000 bibit ikan lagi dan akan di sebar di tiap-tiap sumber mata air di Desa Bulakan”. Kata Sigit Pujiono
Pemuda Desa Bulakan berharap dengan adanya penebaran bibit ikan di sungai semua warga Desa Bulakan dapat saling menjaga ekosistem sungai dan tidak membuang sampah di aliran sungai serta tidak menangkap ikan disungai dengan alat setrum, obat atau alat lain yang dapat merusak ekosistem sungai.
Bagai dayung bersambut wargapun sangat antusias mendukung kegiatan tersebut bahkan warga ada yang mulai menanam tumbuhan penahan abrasi dibantaran sungai agar tidak longsor ketika debit air meningkat.
“saya sangat mendukung kegiataan positif pemuda apa lagi ini menjaga sungai, kita ketahui Desa Bulakan terkenal dengan sungai yang jernih airnya jika sampai rusak otomatis warga juga yang rugi sendiri”. Budi (37th) salah satu warga yang antusias.
Dengan demikan jelas penting menjaga kelestarian ekosistem sungai karena tidak sedikit warga yang masih memanfaatkan sungai untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi, cuci dan lain sebagainya. Dan tentunya perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak untuk menjaga kelestarian ekosistem sungai. Red/Junianto Safi’i

Related Posts:

0 Response to "Pemuda Desa Bulakan Sebar 5.000 Bibit Ikan Di Seluruh Sungai Desa Bulakan"

Post a Comment