Posbindu Penyakit Tidak Menular untuk Masyarakat

MANFAATKAN POSBINDU UNTUK DETEKSI DINI PENYAKIT TIDAK MENULAR

(Suarawargabelik.com) Jumat (27/10) pagi balai desa Sikasur mengadakan kegiatan rutin POSBINDU Penyakit Tidak Menular (PTM) untuk masyarakat warga desa Sikasur. Kegiatan ini memang dilakukan satu bulan sekali secara rutin setiap hari Jumat pada minggu ketiga.

Sasaran posbindu adalah kelompok masyarakat sehat, beresiko dan penyandang penyakit tidak menular (PTM) atau orang dewasa berusia 15tahun keatas. Posbindu merupakan peran serta masyarakat dalam upaya mendeteksi secara dini penyakit tidak menular seperti, Diabetes Melitus (DM), hipertensi, hiperkolesterol dan lainnya.

Nur handini (45) selaku bidan desa yang ikut serta dalam kegiatan ini mengatakan "Untuk kegiatan ini memang rutin dilakukan, satu bulan sekali. Di barengi juga dengan senam pagi untuk kebugaran tubuh". Menurut petunjuk teknis pelaksanaan Pobindu PTM, jenis-jenis pemeriksaan dikenai biaya yang berbeda yakni Rp. 20.000 untuk pemeriksaan asam urat, Rp. 25.000 untuk pemeriksaan kolesterol dan Rp.15.000 untuk pemeriksaan gula darah. Harga yang cukup terjangkau dibanding harus menuju ke rumahsakit di pusat kabupaten.

Biaya tersebut digunakan untuk pengadaan alat penunjang seperti test strips. Solehah (52) warga dukuh Siparuk adalah salah satu yang memanfaatkan kegiatan ini, "Malah saya seneng periksanya jadi dekat. Kita jadi tahu sehat atau tidaknya kita dari penyakit tidak menular" tuturnya. Harapan dari pemerintah desa dan bidan desa adalah agar warga secara keseluruhan mau memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya. (Riris JW sikasur)

Related Posts:

0 Response to "Posbindu Penyakit Tidak Menular untuk Masyarakat "

Post a Comment