Menarik bukan ? SMK ini Jadikan Tinju Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Unggulan

Trelepnews- BREBES -  Bagi sebagian orang, olah raga tinju memang sangat membahayakan. Hal tersebut karena olah raga ini dikenal dengan adu jotosnya.
Namun meski dianggap bahaya, tapi hal ini tidak membuat surut nyali para siswa SMK Bina Bangsa yang menjadikan tinju sebagai ekstra kulikuler (ekskul) atau kegiatan tambahan sekolah bagi siswanya.
Dengan kegiatan ini setidaknya SMK Bina Bangsa yang terletak di Jalan Raya Tanjung – Banjarharjo, Desa Kubangpari Kecamatan Kersana ini merupakan satu-satunya di Brebes yang menjadikan kegiatan olah raga tinju ini.
IMG-20160804-WA0036Untuk melaksanakan kegiatan, SMK Bina Bangsa bekerjasama dengan Persatuan Tinju Amamtir (Pertina) Brebes mengadakan kegiatan ekskul yang dilaksanakan tiap Kamis dan Minggu sore di Gedung Bulu tangkis Indoor SMK.
Di hubungi lewat telepon selulernya, Jumat (5/8/2016) Kepala SMK Bina Bangsa Kersana, Kus Agus Riyanto mengungkapkan, ekskul sudah berjalan dua tahun. Tahun pertama ada sekitar 10 anak, namun kemudian berkurang menjadi 6 orang karena kurangnya dukungan orang tua siswa terhadap olahraga tinju.
“Alhamdulillah untuk tahun ini, siswa yang minat tinju bertambah menjadi 21 siswa dan 6 siswi,” akunya.
Tinju, kata Kus Agus, adalah seni bela diri stand up yang menitik beratkan pada kekuatan fisik, kecermatan mata dan pengendalian emosional yang tinggi.

Harapannya, semoga dengan adanya ekskul tinju, anak didiknya bisa menjadi pribadi yang unggul, tangguh dan kedisiplinan yang itnggi agar berguna bagi masa depannya.

Kelak, dia juga berharap, dengan tinju ada kesempatan untuk meniti karir yang lebih baik kedepannya.
Pelatih Tinju dari Pertina Brebes, Johan SS menyatakan, sistem pelatihan yang diterapkan dalam ekskul tinju meliputi teknik dasar bertinju, pemantapan dan pembinaan kesegaran jasmani.

SMK Bina bangsa sudah mencetak atlet yang bernama Teguh Setiaji, saat bulan Februari 2016 mendapatkan juara 3 Kejuaraan Daerah (Kejurda) Provinsi di GOR Jatidiri Semarang.
“Kami juga berencana akan mengikuti kejuaraan provinsi Piala Bupati Banjarnegara, salah satunya diikuti perwakilan dari SMK Bina bangsa, Teguh Setiaji kategori Youth 52 kg putra. Mudah-mudahan dari 5 petinju yang akan berlaga mendapatkan kemenangan dan bisa mengharumkan nama Brebes,” tandas Johan.

Berita Lukmanul Hakim, Larangan

Related Posts:

0 Response to "Menarik bukan ? SMK ini Jadikan Tinju Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Unggulan"

Post a Comment