SPEK HAM Siap membantu Brebes Untuk Menurunkan Angka Kemiskinan

Brebes (Trelepnews.com) - Pendekatan Pemberdayaan Perempuan dan pemuda di desa salah satu kunci sukses untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Brebes. SPEK-HAM sebagai LSM yg memiliki fokus program pemberdayaan perempuan dan pemuda desa berupaya untuk membangun pengentasan kemiskinan di Brebes.



Demikian yang disampaikan Direktur Solidaritas Perempuan Untuk Kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia (SPEK HAM) Solo Endang Listiani, S.Sos pada pertemuanRapat Kordinasi Lintas Stakeholder di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Selasa (11/4) kemarin.

Ia menambahkan, tercatat di data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2014 di Kabupaten Brebes merupakan wilayah termiskin di Jawa Tengah, padahal Kabupaten Brebes sendiri memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat luar biasa, terutama pada sektor Pertanian, Peternakan­ dan Kelautan akan tetapi belum termanfaatkan dengan optimal.

Struktur tanah yang keras karena rendahnya ketersediaan unsur hara tanah sebagai akibat penerapan sistem pertanian tidak ramah lingkungan yang berkepanjangan serta keterbatasan ketersediaan air mempengaruhi produktivitas pertanian.

Dia mengajak kepada semua elemen agar bersama bersinergi dan berkontribusi membangun masyarakat agar bisa mengolah lahan yang tidak terpakai.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes Ir.Budiharso,D.H menuturkan, sesuai Nawacita Bupati Brebes Idza Priyanti diantaranya lima tahun kedepan dimasa jabatannya akan menurunkan angka kemiskinan dari 19,9% menjadi 14%, untuk itu mendorong SKPD agar bekerjasama untuk mewujudkannya. Sangat berat memang menurunkan angka kemiskinan di Brebes, kelemahannya kadang program yang tidak tepat sasaran.

" Tidak semua program yang dikucurkan ke warga miskin akan mengentaskan kemiskinan, untuk itu harus ada pendampingan tidak boleh dilepas begitu saja," pungkasnya.

Dia mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh SPEK HAM dimana menetapkan beberapa contoh desa model untuk mendorong pengentasan kemiskinan di Kabupaten Brebes. Semoga ke depan upaya seperti ini banyak muncul partisipasi dalam wujud aksi untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas. (WNA/LH)
Salah satu yang diupayakan melalui sinergitas aksi yakni perpaduan program penguatan ekonomi di sektor pertanian dan peternakan terpadu ramah lingkungan. Selain itu membangun koperasi-koperasi dan BUMDes yg partisipatif dan sesuai potensi lokal di masing-masing desa pilot dampingan. Dalam implementasinya, relawan dan staf SPEK-HAM secara intens bahkan live in (tinggal) di masyarakat utk mendampingi masyarakat desa membangun desa-desa pilot di Brebes.

Related Posts:

0 Response to "SPEK HAM Siap membantu Brebes Untuk Menurunkan Angka Kemiskinan"

Post a Comment