Pasukan Buzzer, Apa Manfaatnya ?

Pasukan Buzzer, Apakah Bermanfaat ?Pernahkah kita mendengar istilah "Buzzer" ? Apa sih definisi dari buzzer ? Kita pernah melihat di media tentang eksistensi buzzer yang berperan dalam menciptakan isu yang menjadi besar dan viral. Hal ini yang kita pahami bahwa pelaku buzzer itu adalah orang jahat yang membagikan informasi hoax dan memecah belah umat maupun bangsa.
Buzzer berasal dari Bahasa inggris yang mempunyai arti lonceng, bel atau alarm. Pengertian buzzer secara harfiah diartikan sebagai alat yang di manfaatkan dalam memberikan pengumuman atau mengumumkan sesuatu untuk mengumpulkan orang-orang pada suatu tempat.
Gambaran kinerja buzzer juga kita bisa melihat di media, satu orang memegang puluhan bahkan ratusan handphone/smartphone. Satu postingan sekali share bisa untuk ratusan akun. 
Pada mulanya, buzzer berawal dari event Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk melakukan kampanye pada pilkada Jakarta 2012 dan pemilu Indonesia 2014. Akibat dari efeknya yang amat sangat efektif dan massif sehingga pada akhirnya beberapa perusahaan juga mencoba untuk menggunakan cara ini dalam memasarkan produknya.
pixabay.com
pixabay.com
Seringkali postingan seseorang yang viral, namun informasi hoax dan menyudutkan salah satu tokoh dan cenderung fitnah, harus pula dibalas dengan pembelaan agar menjadi viral juga. Solusinya, membuat pasukan siber yakni Buzzer.
Dengan mengumpulkan banyak orang di dunia nyata untuk berselancar menjadi berlipat akun di dunia maya. Mungkin 10 orang di dunia nyata bisa menjadi 1000 orang di media sosial. Ini sudah bukan rahasia lagi, selalu ada celah untuk memiliki ratusan akun facebook, twitter, instagram dan lainnya.
Sosmed Army bukan hanya Buzzer
Kurang lebih ada 3 istilah dengan klasifikasi tertentu dalam menyebarkan informasi melalui Pasukan yang terstruktur. 3 istilah tersebut, influencer, key opinion leader dan buzzer.
Apa itu influencer?
starngage.com
starngage.com
Influencer adalah orang-orang yang punya followers atau audience yang cukup banyak di social media dan mereka punya pengaruh yang kuat terhadap followers mereka, seperti artis, selebgram, blogger, youtuber, dan lain sebagainya.
Influencer ditandai dengan seseorang yang memiliki pengaruh di organisasi tertentu, harus public figure, follower media sosial banyak dan pastinya akun tersebut ASLI.
Apa itu Key opinion leader ?
Istilah Opinion leader (pemuka pendapat) merupakan suatu konsep yang tidak asing bagi kegiatan kehumasan. Konsep opinion leader, secara harafiah, ditujukan kepada para pemuka pendapat atau mereka yang, secara formal memiliki pengaruh dalam masyarakat. 
Meminjam pemahaman dalam perspektif sosiologi komunikasi, opinion leader digambarkan sebagai tokoh yang memiliki pengaruh, dan secara sosial ekonomi berbeda dengan masyarakat lain. Selain itu, mereka pun mempunyai ketertarikan tinggi terhadap isu-isu yang berkembang; lebih informatif dalam menyampaikan isu-isu ketimbang masyarakat biasa.
Key opinion leader dikenal aktif dalam bermedsos, rutin posting, followernya banyak namun bukan prioritas utama, akunnya juga Asli.
Lalu bagaimana dengan ciri-ciri Buzzer ?
Cirinya memiliki jumlah akun medsos banyak, anonim dan sangat masif dalam menyebarkan melalui postingannya. Tentu dengan tujuan tertentu berkaitan dengan mencapai target.
Kesimpulannya, menurut penulis Pasukan Buzzer akan dianggap negatif apabila menyebarkan isu HOAX dan memecah belah umat secara masif dan terstruktur. Namun, apabila buzzer dimanfaatkan untuk menyebarkan kebaikan, pasukan untuk mengimbangi isu hoax yang tersebar dengan fakta-fakta ilmiah. Tentu hal ini sah-sah saja dan akan bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Pasukan Buzzer, Apa Manfaatnya ?"

Post a Comment