Nur Nadlifah Apresiasi Kampung Keluarga Berkualitas di Kabupaten Brebes

 


BREBES - Dengan dilaunchingnya Kampung keluarga Berkualitas di kabupaten Brebes diharapkan mampu menjadi pusat edukasi pentingnya peran keluarga dalam segala hal. Demikian disampaikan anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PKB Hj. Nur Nadlifah, S.Ag, M.M pada kegiatan penguatan program pembangunan keluarga bekerjasama dengan BKKBN Jawa Tengah di Hotel Anggraini, Minggu (3/12/2023).

Kampung KB telah memberikan dampak positif dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga, dan masyarakat. Beberapa dampak positif dari Kampung KB diantaranya meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya keluarga berkualitas.


" Selain itu juga dampaknya meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan keluarga, meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan keluarga dan meningkatkan ketahanan keluarga." paparnya.


Sementara itu, Kepala DP3KB Kabupaten Brebes Drs. Akhmad Ma'mun, M.Si mengatakan, sebagai wujud nyata, Pemerintah Kabupaten Brebes melalui DP3KB telah melaunching kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Desa Pepedan Kecamatan Tonjong. Hal ini mengacu pada Inpres No.3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas bahwa Kampung KB harus setingkat Desa/Kelurahan, yang mana pada Kampung KB sebelumnya hanya setingkat RW/Dusun. 


" Pada Inpres ini berisi instruksi untuk menetapkan kebijakan dan mengambil Langkah-langkah secara terkoordinasi dan terintegrasi sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk meningkatkan kualitas keluarga dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas," paparnya.


Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Harlin Is Ambarwarti, MM mengatakan, melalui Kampung KB upaya pengurangan angka kemiskinan bisa lebih optimal hasilnya. Terutama jika program-program terkait kependudukan berjalan di semua daerah, menekankan agar gerakan Kampung KB bisa didukung banyak pihak.


“ Upaya ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah setempat terkait dengan upaya pengendalian laju jumlah penduduk,” pungkasnya.


Related Posts:

0 Response to "Nur Nadlifah Apresiasi Kampung Keluarga Berkualitas di Kabupaten Brebes"

Post a Comment