Nur Nadlifah Apresiasi Kiprah TPK sebagai Garda Terdepan Cegah Stunting


 BREBES - Peran Tim Pendamping keluarga (TPK) sangat penting sebagai garda terdepan atasi penanganan stunting. Demikian disampaikan oleh anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PKB Hj. Nur Nadlifah, S.Ag,M.M pada Kegiatan Sosialisasi Stunting dari hulu dalam rangka Penguatan Peran Serta Mitra Kerja dan Stakeholder dalam Implementasi Kegiatan Prioritas Pembangunan Keluarga di SMK Al-Amiriyah, Desa Kambangan, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Minggu (26/11/2023).


Pendampingan keluarga, kata Nur Nadlifah merupakan salah satu strategi percepatan penurunan Stunting yang fokus dilakukan mulai pada periode remaja serta calon pengantin, pada masa kehamilan dan pada masa pasca persalinan hingga sampai anak berusia 5 tahun.


" Sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan percepatan penurunan Stunting, Tim Pendamping Keluarga memiliki peran penting karena pendampingan sebagai katalisator percepatan penurunan Stunting," paparnya.


Tugas utama TPK, lanjut Nur Nadlifah adalah melaksanakan pendampingan kepada keluarga sasaran prioritas meliputi penyuluhan, fasilitasi pelayanan rujukan, fasilitasi penerimaan program bantuan sosial serta surveilans untuk mendeteksi dini faktor risiko stunting


Selain itu juga narasumber lainnya kepala DP3KB kabupaten Tegal Ir.Khofifah menyampaikan, untuk menurunkan angka  Stunting di Kabupataen Tegal , Tim Pendamping Keluarga  (TPK) perlu didukung dan dikuatkan dalam melakukan pendampingan keluarga berisiko stunting (KRS).  

 

"Satu team TPK terdiri dari 3 orang yang terdiri dari unsur tenaga kesehatan, kader posyandu/PKK, dan kader pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD) ," paparnya.


Sementara itu Ketua Tim Pokja Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Jawa Tengah Dra. Harlin Is Ambarwati, MM mengungkapkan, TPK bertanggung jawab kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS)  desa/kelurahan dan menyampaikan laporan pendampingan secara periodik dengan melakukan input data  di aplikasi elektronik siap nikah siap hamil (ELSIMIL). 

Related Posts:

0 Response to "Nur Nadlifah Apresiasi Kiprah TPK sebagai Garda Terdepan Cegah Stunting"

Post a Comment