Launching JW

PEMALANG . Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) melakukan Launching Jurnalis Warga Desa sikasur, kuta dan bulakan Kecamatan belik di Aula Bappeda Kabupaten pemalang, Jawa Tengah, Senin  (15/1/2018).

Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan kepala Bappeda Kabupaten pemalang . Kegiatan dihadiri berbagai SKPD kabupaten pemalang diantaranya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora), Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta kepala Desa sekabupaten Pemalang.

Kepala Bappeda yang diwakili oleh Nur Aji Mugi Harjono, S.Hut.ME menyampaikan ucapan terimakasih kepada kompak atas terbentuknya jurnalis warga sehingga informasi tentang desa bisa menjadi sebuah informasi publik dan bisa dibaca oleh semua orang.

Kabid diskominfo Drs Khalimi  Msi mengatakan dengan perkembangan internet setiap orang bisa memberikan informasi secara luas yang biasanya disebut netizen. Saat ini warga bisa menulis setiap kejadian yang berlangsung dan disampaikan oleh khalayak umum melalui internet sehingga menjadi sebuah berita.

Dengan hadirnya jurnalis warga ini bisa memberikan informasi terbaru yang berkaitan kemajuan desa kepada masyarakat luas. Pilot projects kegiatan ini jangan hanya didesa sikasur, Bulakan dan kuta saja tapi setiap desa dilatih menjadi jurnalis warga ujar Khalimi M.Si.


Koordinator Jurnalis warga Kabupaten Pemalang Lukman Hakim mengatakan, jurnalis warga bergerak untuk menginformasikan kegiatan Desa yang berkaitan dengan isu adminduk, kesehatan, pendidikan dan disabilitas.

“ Beberapa jurnalis warga binaan PPMN di Kecamatan Belik , tulisannya juga sudah dimuat di media maainstream baik media cetak maupun media online. Hal ini tujuannya menginformasikan kepada khalayak masyarakat.

Selain itu juga, ada testimoni dari perwakilan Jurnalis Warga dari Desa sikasur dan kuta yang menceritakan tentang perubahan dari hasil penulisannya.

Salah satu JW Rizki Mundiyati memberikan testimoninya, banyak ilmu yang didapatkan setelah bergabung di jurnalis warga diantaranya mengetahui dasar-dasar penulisan jurnalistik. Salah satu cerita perubahan dari tulisannya tentang pembuatan Adminduk massal di balai desa sikasur.

“  mewancarai warga yang belum mempunyai akte kelahiran dengan demikian akan  menjadi berita yang menarik  untuk dibaca” pungkasnya.
Kamal Hayat

Related Posts:

0 Response to "Launching JW"

Post a Comment