Keindahan Wisata Alam Kalibaya, Sensasi Naik Diatas Gunung Lio

SALEM –   Pesona dan eksotisme alam Salem sepertinya tak pernah habis untuk di eksplore. Salah satu obyek wisata baru yang hadir adalah Wana wisata Kalibaya Park, yang berada diatas Puncak Malio atau Gunung Lio.

Wana Wisata Kalibaya Park menyajikan pesona alam puncak gunung dengan viev Waduk Malahayu, dengan fasilitas permainan Outbound, Gardu pandang (Panyawangan), menara pantau , ATV & Komodo track serta padang Savana. Tempat wisata yang dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyara kat Desa Hutan ), Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Panjang, dan Karang Taruna.

Sejak dibuka pasca Lebaran 2016 , Kalibaya Park langsung menarik perhatian wisatawan, setiap hari tak kurang seratus wisatawan datang. Puncaknya hari Minggu atau hari libur jumlah wisatawan mencapai tujuh ratusan . Dengan harga tiket yang terjangkau seharga Tiga ribu rupiah hari biasa dan Lima ribu rupiah pada hari Minggu atau libur.

Menurut Pengelola Wana wisata Kalibaya, Fizar Hadiantara ide mengelola tempat wisata ini, karena Puncak Gunung Malio menawarkan pesona alam yang indah. Berada dijalur utama jalan raya yang menghubungkan Tanjung dan Bumiayu.

“Kami punya potensi alam yang bagus dan persatuan warga yang kuat, baik warga yang disini maupun yang di perantauan. Kami sama-sama saling bahu membahu tempat ini. Dan alhamdulilah kami memperkerjakan 80 orang. Dan khusus untuk outbound kami mendatangkan trainer dari Mapala UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta) untuk mendidik mereka selama dua bulan. Jadi tidak usah ragu tentang keamanan wahana outbound kami,” terangnya.

Nantinya akan dibuat Camping Ground, Aula yang representatif untuk kegiatan skala besar, seprti pagelaran musik maupun event lainnya. Juga akan dipentaskan kesenian khas Salem seperti Angklung dan Kecapi suling.

Tokoh masyarakat Desa Pasir panjang, Koko Haryoko (45) menyambut baik kehadiran Kalibaya Park. Dia mengatakan selain membuka lapangan kerja buat masyarakat , juga buat sarana pemasaran produk-produk hasil pertanian dan kerajinan Salem.

“Ini kesempatan dan peluang bagus untuk kita, dengan makin banyaknya wisatawan datang kesini. Ini merupakan wahana promosi untuk Salem. Semoga bisa mengundang investor untuk membangun Salem.” Imbuhnya.

Adit (25) wisatawan asal Jakarta ketika ditanya tentang Kalibaya Park menjelaskan dirinya merasa kaget, kok di Brebes ada tempat bagus seperti ini. “Saya kira ini di Kalibiru, Yogyakarta eh gak tahunya ini Kalibaya dan kebetulan namanya sama-sama ada Kali nya. Tapi disini lokasinya mudah dijangkau, tempatnta di puncak gunung, dibawahnya terhampar dengan indahnya Waduk Malahayu,” ujarnya.

Walau masih banyak yang perlu dibenahi dan ditambah, seperti menara pandang , tempat sampah, tempat berteduh dan sarana jalan kedalam lokasi, namun Kalibaya Park, Salem menawarkan pilihan tempat wisata di Brebes,

Related Posts:

1 Response to "Keindahan Wisata Alam Kalibaya, Sensasi Naik Diatas Gunung Lio"