Awas !!! Viral Penipuan Pendaftaran Prakerja Gelombang 11, sudah memakan Korban

  


Pagi - pagi sudah mendapatkan informasi tentang pendaftaran prakerja, namun setelah dibaca kalau kita jeli, ada yang janggal dan mencurigakan, hal ini alamat linknya tidak benar. Alamat yang resmi adalah di prakerja.go.id. Namun, di alamat tersebut adalah prakerja.vip.

Setelah penulis telusuri, ternyata itu adalah spam untuk meraih pendapatan dari iklan. Dengan menghalalkan segala cara, ia buat situs web agar pas masuk langsung ke iklan yang dituju. Tentu akan menambah pundi - pundi penghasilan dari iklan si pembuat web.

Dengan narasi seperti ini, sudah banyak yang share di Grup Whatsapp atau FB

Daftar Prakerja Sekarang

Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya

yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan

Langkah untuk mendaftar Prakerja

⚫ Kunjungi situs https://prakerja.vip

⚫ Isi formulir data diri 

⚫ Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

⚫ Bantuan akan dikirim melalui rekening bank

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

Kalau klik link prakerja.vip diatas, maka anda akan diarahkan pada situs berbahaya.
Saat dicoba, langsung mendapat peringatan dari situs antivirus McaAfee.

Whoa! Are you sure you want to go there?

https://azoaltou.com/afu.php may be risky to visit

Karena akun resmi kartu prakerja adalah www.prakerja.go.id,  jika menggunakan smartphone, diarahkan langsung ke website mirip sekali web prakerja asli

Seperti dilansir media tribunnews, pesan berantai itu sudah memakan korban, setelah mendaftar online, korban diminta membagikan ke 100 kontak, salah seorang yang bernama Annisa. Annisa, karyawati pabrik di Kecamatan Bawang, Banjarnegara yang menerima pesan itu dari temannya seketika tergiur. Ia tak ingin kehilangan kesempatan untuk mengikuti program tersebut.

"Saya sempat tanya ke teman, apa prakerja masih buka. Dijawab katanya masih,"katanya

Annisa tak memasang curiga. Ia langsung masuk ke link website tersebut sesuai petunjuk. Setelah link berhasil dibuka, ia diarahkan untuk mengisi identitas atau nama lalu diminta untuk memasukkan nomor telepon.

Annisa pun mengikuti petunjuk itu dengan menuliskan nama lengkap dan nomor handphone pribadinya. Hingga ia diarahkan ke tahapan selanjutnya, Annisa mulai merasa ada yang janggal.

Ia diminta untuk membagikan info pendaftaran prakerja melalui link itu ke banyak nomor whatsapp, baik akun pribadi atau grup. Tapi ia memutuskan tetap mengikuti petunjuk itu. Annisa telah membagikan info itu ke 20 nomor whatsapp yang tersimpan di kontaknya.

Hingga ia akhirnya tersadar, link pendaftaran yang ia akses bukan link website resmi pemerintah. Beberapa saat kemudian, ia bahkan tidak bisa lagi mengakses link tersebut. Annisa semakin yakin jika link tersebut abal-abal.

"Saya akhirnya tidak lanjutkan. Linknya juga sudah tidak bisa diakses,"katanya

Buat teman - teman yang aktif di medsos dan grup WA untuk jeli terhadap informasi yang beredar, harus disaring dulu sebelum disharing.






Related Posts:

0 Response to "Awas !!! Viral Penipuan Pendaftaran Prakerja Gelombang 11, sudah memakan Korban"

Post a Comment